RINCIAN BLOG

5 Jenis Makanan Penambah Stamina saat Bulan Puasa

  • 1 month ago
  • Sumber: https://spartankuat.co.id/blog
  • 27

Seharian berpuasa tentunya bisa saja kondisi badan menjadi lebih lemas dari biasanya apalagi jika aktivitas sedang banyak-banyaknya meskipun sedang WFH dirumah atau apartemen. 

Nah kali ini kami ingin berbagi sedikit tips pilihan jenis makanan dan minuman yang masuk kategori bisa menambah stamina agar tidak loyo ketika berpuasa. 

1. Apel 

Buah apel merupakan buah yang memiliki kandungan yang kaya akan anti-oksidan, serat, zat besi, vitamin dan mineral. Dengan mengkonsumsi Apel, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, secra otomatis akan membantu detoksifikasi hati, mengendalikan berat badan, serta dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung. Satu lagi, serta buah apel dapat menjadikan rasa kenyang yang lebih lama karena seratnya yang mudah larut dan diserap oleh usus dan lambung. 

2. Madu

Madu memang seharusnya menjadi sebuah pilihan yang bisa tiap hari kita konsumsi mengingat kandungan karbohidratnya yang tinggi sehingga bisa membantu menambah energi. 

Madu juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan enzim sehingga dapat juga meningkatkan daya imunitas tubuh. 

Rasanya yang manis dan mendapatkannya mudah  menjadikan madu menjadi pilihan yang tepat apalagi pada saat bulan puasa karena madu pun selain kandungan karbohidratnya yang dapat membuat kita mengurangi rasa lapar, madu juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dan haemoglobin. 

3. Susu

Susu bukanlah sesuatu yang asing bagi setiap keluarga karena memiliki manfaat yang besar terhadap tubuh apalagi dia\saat berpuasa diantaranya manfaat untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, menambah energi  dan tentunya akan lebih baik jika susu yang dikonsumsi merupakan susu sapi. 

Susu sapi memiliki kandungan protein, lemak dan kalsium yang secara otomatis menjaga stamina dan menambah energi. Susu Almond dan susu kedelai pun bisa menjadi pilihan yang murah dan bisa dikonsumsi setiap hari.

4. Kurma

Kurma selalu identik dengan bulan puasa karena makanan jenis ini memang dikenal dari sono. Maka, bukan hal mengherankan jika buah ini banyak beredar selama bulan Ramadan. Apa sih keunggulan sebenarnya sampai-sampai bahkan Nabi Muhammad dan para Sahabat Nabi pun mengkonsumsi buah Kurma setiap kali berbuka.

Kurma ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan energi tubuh. Sebab, kandungan nutrisi seperti karbohidrat protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan stamina tubuh. Cukup makan 1-3 buah kurma sebenarnya sudah terwakilkan banget dengan kandungannya dan menjadikan seseorang bisa menunda rasa laparnya dan bisa berfokus pada ibadah menyelesaikan ibadah terlebih dulu sebelum pada akhirnya makan besar.

5. Jagung

Bagi orang-orang Indonesia, jagung bukan merupakan sesuatu yang asing karena hampir diseluruh pelosok negeri memang bisa dan mudah untuk ditanam. 

Jagung sendiri memiliki kekayaan vitamin, mineral, dan antioksidan serta membantu untuk memperlancarkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, jagung juga memiliki kekayaan glikogen yang siap untuk diubah menjadi energi postif.

Nah, merarik bukan mengenai konten yang barusan dibahas agar puasa kita tidak lagi merasa mudah lemas dan mengantuk sehingga lebih produktif dalam menjalan kegiatan WFH. 

Jangan lupa, apapun makanan penambah stamina, akan sangat kurang lengkap tanpa konsumsi Spartan. Spartan tentunya menjadi suplemen yang bisa memaksimalkan apa yang telah dikonsumsi apalagi Spartan pun memilki kandungan herbal yang kaya akan protein, vitamin yang tentunya bagus untuk stamina dan imunitas tubuh. 

Stay safe at home and stay productive ya...